I.DASAR – DASAR KOMUNIKASI
- Komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi diantara dua orang atau lebih dgn harapan terjadinya pengaruh yg positif atau menimbulkan efek tertentu
- Komunikasi adalah persepsi dan apresiasi.
Komunikasi bahkan telah dilakukan oleh manusia sejak ia blm mengetahui
bhw apa yg dilakukannya
merupakan komunikasi.Misal bayi menangis ketika
merasa haus.
Perkembangan komunikasi sejalan dengan
kemajuan suatu masyarakat.
Ada lima komponen penting untuk diperhatikan dalam proses komunikasi, yaitu :
Adalah sumber komunikasi
2.
Pesan yang dikirimkan (message)
Merupakan
hal/materi yg ingin dikomunikasikan.
3.
Bagaimana pesan tersebut disampaikan (delivery
channel atau media)
Merupakan
pemilihan sarana atau saluran komunikasi yg berhubungan dengan kelima indra
manusia.jika ingin
didengarkan oleh penerima pesan,maka dipilihlah sarana telpon.dll
d. Penerima pesan (receiver atau komunikan)
Adalah seseorang
atau lembaga yang menjadi target dari pesan yg dikirim
4. Umpan balik (feedback) atau effects :
Merupakan tanggapan
dari penerima pesan atas informasi yang diterimanya.Tanggapan atau umpan balikdisampaikan kepada pengirim sebagaimana kemampuan penerima pesan
menginterprestasikan pesan
yang disampaikan.Adakalanya penerima pesan tidak
dapat menterjemahkan pesan sebagaimana yang
diharapkan oleh pengirim pesan.
Bentuk-bentuk komunikasi:
1.
Komunikasi verbal : adaah komunikasi dgn menggunakan
symbol-simbol yg biasa digunakan dalam komunikasi verbal yaitu suara,tulisan
atau gambar.sebab komunikasi verbal tidak hanya menyangkut komunikasi lisan
saja tapi juga termasuk komunikasi
tertulis.
·
Tipe komuniasi verbal :
a.
Berbicara dan menulis
Komunikasi lisan
atau berbicara merupakan jenis kounikasi dimana seseorang mengucapkan pesan
untuk diterima oleh orang yang dituju.
Dengan komunikasi
lisan,maka umpan balik akan lebih cepat diperoleh.Sementara kelemahan komunkasi
lisan adalah tidak menghemat waktu dan kemungkinan terjadinya pergeseran topik
pada saat komunikasi berlangsung.
Pesan – pesan yang
lebih penting dan komplek lebih tepat disampaikandengan menggunakan tulisan
b.
Mendengar dan membaca
Dalam proses
komunikasi,seorang audience akan menangkap pesan denan mendengarkan apabila
komunikator berbicara.Sedankan jika komunikator menulis,maka audienc akan
menerima pesan dengan membaca
·
Komunikasi non verbal
Adalah kumpulan
isyarat,gerak tubuh,intonasi suaa,dan sebagainya yg memunkinkan seseorang
berkomunikasi tanpa menggunakan kata –kata.
Tipe komunkasi non
verbal :
a.
Ekspresi wajah dan mata
b.
Gerakan tubuh dan posisi tubuh
c.
Karakteristik suara
d.
Penampilan
e.
Sentuhan
f.
Penggunaan waktu dan jarak
Komunikasi yang efektif ditentukan oleh 3 unsurnya yaitu
A. Komunikator
Kredibilitas dan Daya tarik merupakan faktor yg mempengaruhi efektifitas komunikasi
Komunikasi yang efektif ditentukan oleh 3 unsurnya yaitu
A. Komunikator
Kredibilitas dan Daya tarik merupakan faktor yg mempengaruhi efektifitas komunikasi
- Kredibilitas komunikator dapat ditimbulkan
oleh Kepercayaan pada keakhlian
komunikator . Misalnya Miranda Gultom akan mempunyai kredibilitas
yg tinggi ketika menyampaikan analisis tingkat suku bunga.
- Kredibilitas juga dapat muncul dari status social.Seseoang yg mempunyai status sisal yg tinggi akan mempunyai kredibilitas yg lebih besar sehingga apa yg dikatakannya akan lebih dipercaya dan lebih dapat mempengaruhi orang lain.
- Seseorang yg mempunyai daya tarik akan disenangi dan dikagumi oleh komunikannya sehingga
komunikan akan menerima kepuasan dari usaha menyatakan dirinya dengan komunikator.
Misalnya Rano Karno yg menyarankan agar masyarakat memiliki kepedulian terhadap kesehatan
lingkungan.
B. Komunikan
- Kredibilitas juga dapat muncul dari status social.Seseoang yg mempunyai status sisal yg tinggi akan mempunyai kredibilitas yg lebih besar sehingga apa yg dikatakannya akan lebih dipercaya dan lebih dapat mempengaruhi orang lain.
- Seseorang yg mempunyai daya tarik akan disenangi dan dikagumi oleh komunikannya sehingga
komunikan akan menerima kepuasan dari usaha menyatakan dirinya dengan komunikator.
Misalnya Rano Karno yg menyarankan agar masyarakat memiliki kepedulian terhadap kesehatan
lingkungan.
B. Komunikan
Ditinjau dari unsure
komunikan,Komunikasi akan efektif jika dalamdiri komunkan terdapat kondisi
yaitu :
1. Komunikan dapat mengerti dengan benar
pesan yg dikomunikasikan
2. Pada saat komunikan mengambil keputusan,ia
sadar bahwa keputusannya itu sesuai
dengan
tujuannya,dansesuai dengan kepentingan pribadinya.
3. Komunikan secara fisik dan mental mampu berfungsi menerima pesan.
3. Komunikan secara fisik dan mental mampu berfungsi menerima pesan.
C. Pesan
Adalah materi atau bentuk fisik dari ide yang disampaikan komunikator.
II.KOMUNIKASI
DALAM BISNIS
Organisasi : Adalah suatu unit social yg dikordinasikan
dengan sengaja ,terdiri dari dua orang atau
lebih
yg didirikan untuk jangka waktu yg lama.
Karakteristik
Organisasi :
1. Adanya pembagian tugas dan tanggung jawab.
2. Adanya pusat kekuasaan
Atasan sebagai pusat kekuasan mempunyai pean
sebagai pemimpin,pengawas dan pendelegasi tugas semua unsure dalam organisasi.
3. Adanya subtitusi SDM
Menyangkut proses mutasi,promosi ,keluarnya masuknya
SDM karena keluar,pensiun,meninggal,taupun pertambahan SDM baru
4. Adanya Ketergantungan antar anggota Organisasi
Organisasi terdiri dari subsistem subsistem
yg saling berhubungan dan saling ketergantungan dalam aktivitas
organisasi.Bag.pemasaran,produksi dll
5. Adanya kordinasi antar komponen
Kordinasi dalam organisasi dapa dilakuakan
secara lisan,tertulis,dengan telepon ataupun dgn symbol – symbol lainyg
diberikan kepada masing – masing departemn tau devisi agar semuanya berjalan
kearah pencapaian tujuan.
6. Adanya interaksi berulang ulang
Interaksi yg hanya dilakukan sekali kemudian
tidak dilakuakan lagi,maka organisasinya dikatakan macet.Sedangkan jika anggota
organisasi tdk terikat lagi dalam
organisasi,maka organisasi tersebut dikataka bubar.Jadi komunikasi dalam
organisasi berhubungan dengan kontinuitas dan permanen atau tidaknya sebuah
organisasi.
Tipe Organisasi
.Secara umum dibedakan menjadi 4 :
a.
Organisasi
bisnis : Bertujuan mencari keuntungan
b.
Organisasi nirlaba
: Tidak berorientasi pada keuntungan.Keuntungan yg paling besar biasanya
diperuntukan bagi klien.Sebab organisasi ini didirikan tidak semata mata untuk
mencari keuntungan.Contoh LSM ,dll
c.
BUMN :
Perusahaan yang sebagian besar atau seluruh modalnya dimiliki oleh
pemerintah.Selain mencari keuntungan,pemerintah juga mendirikan perusahaan ini
untuk melayani kepentingan umum
d.
Koperasi :
adalah organisasi ekonomi rakyat yg berwatak sosial , beranggotakan orang orang
atau badan- badan hokum dan berdasar atas asan kekeluargaan dan
kegotongroyongan.
Komunikasi
dalam bisnis
Pada dasarnya organisasi (dalam hal ini
perusahaan) juga memerlukan komunikasi.
·
Komunikasi
internal merupakan komunikasi antara orang orang didalam perusahaan
·
SedangkanKomunikasi
dengan pihak diluar perusahaan seperti dengan pemasok,pesaing,pengecer,masyarakat
dan pemerintah disebut komunikasi eksternal
III.KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA
Globalisasi telah menjangkau hampir semua belahan dunia termasuk indonesia.Hal ini membuat hubungan ekonomi antar negara dengan berbagai latar belakang budayanya berkembang pesat.DASAR DASAR KOMUNIKASI BISNIS ANTAR BUDAYA
- Stabilitas
dan mengirim informasi.sementara masy Jkt lebih cepat menerima dan
mengirimkonikasi krn hidup dlm budaya yg lebih dinamis
- Kompleksitas/macam macam perilaku
kata.Tetapi di Jepang sebagian disampaikan secara implisit mis.dgn gerak tubuh
dan tekanan suara.
Komposisi:percampuran udaya yg menimbulkan karakter baru
- Penerimaan
kurang terbuka /tertutup .Budaya mempengaruhi tingkat kepercayaan dan
keterbukaan komunikasi
MENGENALI PERBEDAAN BUDAYA
Suatu budaya memiliki ciri-ciri dan karakteristik yang berbeda dalam hal :
- Nilai Sosial(nilai/keyakinan dasar suatu masy akan mempengaruhi budaya komunikasi)
pada tujuan sehingga bekerja dgn efisien utk tujuan yg telah ditetapkan.Mereka
tidak akan sesuai jika bekerja dengan orang indonesia khususnya jawa yang
bekerja dengan pelan tapi selesai (alon-alon waton kelakon)
- Peran dan status
Dijepang,perempuan kurang mendapat peran dalam dunia kerja.Sehingga orang
jepang umumnya kurang menghargai rekan kerja prpn
Status=posisi yg berhasil dicapai dalam tatanan masy.Status sosial
mempengaruhi budaya komunikasi
- Pengambilan keputusan
tinggal melaksanakan.
- Konsep Waktu
panjang,baru menyampaikan ide.Hal ini dipandang krang efisien waktu oleh
orang barat yang menghargai waktu dan efisien
- Konsep jarak personal
- Bahasa tubuh.mrpk salah satu penunjang efektifitas komunikasi.
- Konteks Budaya.Dapat menjadi paetundjuk fisik yang dipengaruhi oleh budaya masyarakat.
diucapkan,tetapi lebih ke petunjuk non verbal seperti raut muka,bhs tubuh
HAMBATAN BAHASA DALAM KOMUNIKASI
- Komunikasi tertulis.Biasanya disebabkan oleh perbedaan bahasa...Dpt diatasi dg bljr bhs asing
- komuikasi lisan.biasanya disebabkan oleh perbedaan bahasa dan cara pengucapan.Dpt diatasi dgn:latihan pangucapan
Rendah hati(gunakan ungkapan2 halus u menanyakan apakah komunikanmemahami apa yg diucapkan.) mis.:" Apakah Saya terlau Cepat?"
Membiarkan orang lain bicara
IV.TEKHNOLOGI KOMUNIKASI
Perkembangan tekhnilogi terutama komputer telah mempengaruhi tekhnik berkomunikasi.
Tekhnologi = alat/tekhnik yg dpt membantu pekerjaan manusia mjd lbh ringan
Tekhnologi dalam kominukasi:E-mail,interne,mesin fax,telepon dll
Waktu,biaya,sifat pesan ,tampilan pesan,mrpk bbrp unsur yg hrs dipertimbangkan dlm memilih tekhnologi yg akan dipilih utk berkomunikasi
TEKHNOLOGI DALAM KOMUNIKASI TERTULIS
A.Pilihan Tekhnolgi dalamTahap penyusunan
- Word Processor.Mrpk software yg paling byk digunakan dan dipandang sbg komputerisasi mesin ketik.Memungkinkan bbrporang bekerja scr bersama sama dan saling berkirim pesan
- Desktop Publishing.Mrpk software yg disusun utk menyusun pesan yg dpt dilengkapi dgn gambar,foto dan grafik
- Perencanaan
- menuliskan poin poin yg ingin disampaikan kpd audience secara sederhana.mis. melalui memo
- Dengan perencanaan seksama.Yaitu direncanakan scr cermatsiapa audience,apa isi pesan/ide pokok,bgmn kerangka pesan(outlining)akan dibuat
Prinsip dari tahap ini adl bgmn memasukkan tulisan kedlm dokumen.Biasanya dg keyboard,scanning,pen
beased computer,voice recognation system dll
3. Revisi/editing : untuk meneliti ada/tidak kesalahan mis.ttg besar kecilhuruf,spasi dll
4. Produksi.
Komputer dlm berbagai program dpt membantu memproduksi dokumen cetak
5. Distribusi :
- Mail-Merge
- Mesin Fax .dll
- Tekhnologi komunikasi lisan individual terdiri dari telepon,pager,voice mail
- Tekhnologi komunikasi lisan kelompok.Terdiri dari
- Teleconference : bercakap bersaa lewat layar monitor
- Presentation Software : Penggunaan media overhead u sampaikan materi presentasi
- Group Decission Support sistem : Penghubungan sistem komputer masing masing individu shg dapat saling mengirim usul,solusi,pendapat
- mempermudah komunikasi,menurunkan biaya komunikasi
- Kurangnya hubungan antar individu
- Anonimitas
V.PERENCANAAN PESAN BISNIS
Proses perencanaan pesan bisnis dilakukan melalui beberapa tahapan:
1.Perencanaan :
Menentukan hal hal pokok dan mendasar dari pesan seperti maksud komunikasi,penerima pesan,ide
pokok,saluran yg dimaksudkan
2.Pengorganisasian :
Menuangkan pesan dalam bentuk lisan/tulisan.Dimuali dari penyusunan,kata,kalimat,paragrasf,ilustrasi,dan
keterangan yang dapat membantu mengekspresiakan ide pokok
3.Revisi :
Pemeriksaan kembali apakah pesan yg disususn sdh mampu mengekspresikan ide pokok yg ingin
disampaikan
JADI TUJUAN KOMUNIKASI BISNIS ADALAH:
1.Memberi informasi
2.Persuasi/membujuk
3.Melakukan kolaborasi dengan audience
ANALISIS DAN CARA MENYSUN PROFIL AUDIENCE
a.Siapa audiencenya(berapa banyak,latar belakang pendidikan,dan status social akan menentukan pesan
seperti apa yang akan dikirim
b.Informasi apa yang telah dimiliki audience
c.Seberapa banyak yg mereka butuhkan
d.Tekhnikinformasi apa yg mereka pakai
e.Apa/ bgmn sikap mereka terhadap pesan
f.Apa hubungan komunikator dengan audience
g.Tindakan apa yg diharapkan komunikator stlh menerima pesan
PENENTUAN IDE POKOK
1.Berdasar petunjuk atasan
2.Brain Storming : membiarkan pikira secara leluasa untuk mencari berbagai kemungkinan ide pokok.Hasil yg
diperoleh biasanya lebih baru,variatif,inovatif dan orisinil
3.Kebiasaan.
Misal : Jika Perusahaan menghadapi situasi yg sama /relative sama ,maka akandigunakan ide pokok tertentu
seperti yg sdh biasa digunakan
PEMBATASAN CAKUPAN
Dilakukan agar pesan yg disampaikan lebih focus,akurat dan mengena pada sasaran.
PEMILIHAN MEDIA DAN SALURAN
Saluran Media
Lisan : Percakapan langsung,telepon,interview,pertemuan Seminar,workshop,pidato,program pelatihan,
presentasi,
Tertulis : Surat,Memo, laporan,proposal
Elektronik : Fax,E-mail,Voice Mail,Teleconference,Video Conference dll
1.Perencanaan :
Menentukan hal hal pokok dan mendasar dari pesan seperti maksud komunikasi,penerima pesan,ide
pokok,saluran yg dimaksudkan
2.Pengorganisasian :
Menuangkan pesan dalam bentuk lisan/tulisan.Dimuali dari penyusunan,kata,kalimat,paragrasf,ilustrasi,dan
keterangan yang dapat membantu mengekspresiakan ide pokok
3.Revisi :
Pemeriksaan kembali apakah pesan yg disususn sdh mampu mengekspresikan ide pokok yg ingin
disampaikan
JADI TUJUAN KOMUNIKASI BISNIS ADALAH:
1.Memberi informasi
2.Persuasi/membujuk
3.Melakukan kolaborasi dengan audience
ANALISIS DAN CARA MENYSUN PROFIL AUDIENCE
a.Siapa audiencenya(berapa banyak,latar belakang pendidikan,dan status social akan menentukan pesan
seperti apa yang akan dikirim
b.Informasi apa yang telah dimiliki audience
c.Seberapa banyak yg mereka butuhkan
d.Tekhnikinformasi apa yg mereka pakai
e.Apa/ bgmn sikap mereka terhadap pesan
f.Apa hubungan komunikator dengan audience
g.Tindakan apa yg diharapkan komunikator stlh menerima pesan
PENENTUAN IDE POKOK
1.Berdasar petunjuk atasan
2.Brain Storming : membiarkan pikira secara leluasa untuk mencari berbagai kemungkinan ide pokok.Hasil yg
diperoleh biasanya lebih baru,variatif,inovatif dan orisinil
3.Kebiasaan.
Misal : Jika Perusahaan menghadapi situasi yg sama /relative sama ,maka akandigunakan ide pokok tertentu
seperti yg sdh biasa digunakan
PEMBATASAN CAKUPAN
Dilakukan agar pesan yg disampaikan lebih focus,akurat dan mengena pada sasaran.
PEMILIHAN MEDIA DAN SALURAN
Saluran Media
Lisan : Percakapan langsung,telepon,interview,pertemuan Seminar,workshop,pidato,program pelatihan,
presentasi,
Tertulis : Surat,Memo, laporan,proposal
Elektronik : Fax,E-mail,Voice Mail,Teleconference,Video Conference dll
VI.PENYUSUNAN PESAN BISNIS
Organisasi pesan yg baik adalah apabila semua elemen disatukan dalam suatu pola yg kohern (bertalian secara logis )
Urutan yg biasa digunakan pada komunkasi lisan:
1. Urutan waktu
Jika urutan kejadian/aktifitas merupakan inti dari tujuan
Misalnya pada cerita sejarah,maka kronologis urutan waktu menjadi penting
2. Urutan Ruang
Jika pesan menekankan pada bentuk atau deskripsi fisik,komunikator dapat
membantu audience .Misalnya untuk menjelaskan power komputer,maka harus
diterangkan bentuknya seperti apa,letaknya dimana
3. Urutan Logis
Untuk mempresentaasikan ide atauanalisis dari suatu masalah,maka harus dilakukan
kaji ulang materi dan aspek aspek yang berhubungan dengan urutan logis mulai dari
pembukaan,isi dan penutup/kesimpulan.
Urutan yang biasa digunakan pada komunikasi tulisan:Pembukaan ,isi,penutup
Manfaat organisasi pesan yang baik:
Setelah selesai membuat perencanaan pesan,selanjutnya dilakukan penyusunan pesan
melalui 2 tahap.Yaitu:
1. Urutan waktu
Jika urutan kejadian/aktifitas merupakan inti dari tujuan
Misalnya pada cerita sejarah,maka kronologis urutan waktu menjadi penting
2. Urutan Ruang
Jika pesan menekankan pada bentuk atau deskripsi fisik,komunikator dapat
membantu audience .Misalnya untuk menjelaskan power komputer,maka harus
diterangkan bentuknya seperti apa,letaknya dimana
3. Urutan Logis
Untuk mempresentaasikan ide atauanalisis dari suatu masalah,maka harus dilakukan
kaji ulang materi dan aspek aspek yang berhubungan dengan urutan logis mulai dari
pembukaan,isi dan penutup/kesimpulan.
Urutan yang biasa digunakan pada komunikasi tulisan:Pembukaan ,isi,penutup
Manfaat organisasi pesan yang baik:
- membantu audience memahami pesan
- membantu audience menerima pesan
- menghemat waktu audience
- menyederhanakan tugas komunikator
Setelah selesai membuat perencanaan pesan,selanjutnya dilakukan penyusunan pesan
melalui 2 tahap.Yaitu:
- Konsep/draf awal.Merupakan inti dari penyusunsan pesan
- Gaya dan tekanan
- Gaya / style : cara seseorang menggunakan kata kata untuk mencapai suatu tekanan tertentu,misalnya dengan penyusunan kalimat,penggunaan kata - kata dll
- Hubungan yang ingin dinyatakan dalam pesan :
bisnis,dapat digunakan tips - tips sebagai berikut:
- jangan terlalu akrab / familiar
- Gunakan humor secara cermat,berhati - hati
- jangan merayu orang lain
- jangan berkotbah / menceramahi
- jangan membual
- menjadi diri sendiri
- jangan terlalu akrab / familiar
- Gunakan humor secara cermat,berhati - hati
- jangan merayu orang lain
- jangan berkotbah / menceramahi
- jangan membual
- menjadi diri sendiri
- Penggunaan sikap : Komunikator harus selalu memusatkan perhatian pada audience
- Penekanan sikap positif : Hindari mencela atau menunjukan kesalahan orang lain.Tetaplah memberikan penekanan positif walaupun akan memberikan kritikan/pesan
- Penekanan kredibilitas : Kredibilitas harus selalu dijaga dimata audience sehingga pesan yang disampaikan akan dipercaya dan diterima.Jikakomunikator dan audience tidak saling kenal,maka kredibilitas komunikator dapat diperoleh dari pihak lain
- Bersikap santun : bersikap santun menunjukan komunikator punya perhatian besar terhadap keutuhan / perasaan audience, bahkan saat seseorang ditekan/ menerima perlakuan kasar.
VII.REVISI PESAN BISNIS
Tahap terakhir penulisan pesan bisnis ini diperlukan untuk memasikan bahwa pesan yang direncanakan disusun tidak terjadi kesalahan ,kekurangan,kelebihan / ketidak tepatan.
Tahap edit pesan :
gambaran pesan secara menyeluruh .
2. Periksa ulang (review) gaya dan keterbacaan
Yang perlu dlakukan pada tahap evaluasi adalah menanyakanan pada diri sendiri
apakah tekanan / intonasi yang tepat dalam menyampaikan pesan sudah tercapai
Perlu juga mencari kemungkinan - kemungkinan untuk membuat pesan menjadi lebih
menarik dengan pemilihan kata - kata dan frase -frase(kumpulan kata)
Membuat kalimat yang efektif
( kalimat yang dengan sadar disusun untuk mencapai daya informasi yang cepat dan baik)
komponen laba secara rinci "
MEMPRODUKSI PESAN
Misal dengan pengaturan space,headings,cetak tebal,garis tepi,dll
Tahap edit pesan :
- Evaluasi isi dan organisasi pesan
gambaran pesan secara menyeluruh .
2. Periksa ulang (review) gaya dan keterbacaan
Yang perlu dlakukan pada tahap evaluasi adalah menanyakanan pada diri sendiri
apakah tekanan / intonasi yang tepat dalam menyampaikan pesan sudah tercapai
Perlu juga mencari kemungkinan - kemungkinan untuk membuat pesan menjadi lebih
menarik dengan pemilihan kata - kata dan frase -frase(kumpulan kata)
Membuat kalimat yang efektif
( kalimat yang dengan sadar disusun untuk mencapai daya informasi yang cepat dan baik)
- Contoh alimat sederhana yang efektif
- Contoh kalimat majemuk yang efektif
- Contoh kalimat kompleks yang efektif
komponen laba secara rinci "
MEMPRODUKSI PESAN
- Mendisain elemen
Misal dengan pengaturan space,headings,cetak tebal,garis tepi,dll
Casino Restaurants Near Bryson City, Bryson City NC | Mapyro
BalasHapusFind Casino Restaurants Near 익산 출장샵 Bryson City NC, Bryson 울산광역 출장샵 City NC in Bryson City NC 제천 출장안마 and 광명 출장안마 other places to 순천 출장샵 stay near Bryson City Casino.